Les Mills RPM 74 Minimix – Stay Fit, Fun & Fashionable

Ada 3 jenis bersepeda statis-kelompok yang umum dipraktikkan di Celebrity Fitness, yaitu RPM, Peloton dan Race 30. Ketiga latihan dipandu oleh seorang instruktur, dan semua peserta bersepeda mengikuti arahannya – melakoni koreografi – sesuai dentuman musik yang diputar.

Bersepeda statis-kelompok ini masuk dalam kategori latihan HIIT ‘high intensity interval training’ untuk meningkatkan stamina, membakar kalori dan meningkatkan fokus sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

Tingkat pemula adalah RPM atau Raw Power in Motion atau Rotation Per Menit (selama 50 menit) yang koreografinya difokuskan untuk meningkatkan intensitas daripada cadence ‘kecepatan putaran kaki’ dengan latihan yang bervariasi termasuk pace ‘laju kecepatan’, hills ‘mendaki’, mixed terrain ‘memulihkan tenaga, melaju cepat, dan pendakian ringan’, interval ‘melaju dan mendaki, silih berganti’ dan ride home ‘pemulihan menjelang latihan usai’ yang dibarengi dengan stretching ‘peregangan otot-otot’ di atas sepeda maupun di lantai. Umumnya latihan ini diiringi 8 lagu, lagu pertama dan terakhir adalah pemanasan dan peregangan otot-otot kaki, paha, lutut dan pundak. Kalimat kunci “We start together, we finish together.”

Peloton adalah kelas kardio 50 menit dengan intensitas 30% lebih berat daripada RPM, dan dibagi 3 sesi koreografi yaiutu racing ‘membalap’, climb ‘mengayuh sambil berdiri, menaiki tanjakan’ dan ‘time-trial’ ‘mengayuh secepatnya dengan beban penahan seberat-beratnya. Pejamkan mata, gunakan musik sebagai pemandu dan pastikan gir sepeda serendah-rendahnya dan ingat kalimat kuncinya “Hold your load.”

Race 30 adalah favorit saya. Jangan coba latihan ini sebelum biasa dengan RPM atau Peloton. Koreografinya adalah mengayuh konstan secepat-cepatnya selama 30 menit, tanpa istirahat ‘velodrome cycling – non climbing’ dengan iringan musik 130-135 BPM. Kalimat kuncinya adalah “I feel hardcore.”

Bagi saya, latihan-latihan ini selalu menarik. Musik menjadi bagian pentingnya, dan tak ada yang mengalahkan latihan dalam kelompok, penuh senyum dan teriak, saling memotiviasi, mengalahkan kemalasan. Segar dan sehat dengan banjir keringat dan terbakarnya kalori antara 500-800 kalori per sesi adalah the best intention ‘tujuan utama’.

Ketiga latihan di atas diinisiasi oleh Les Mills (Leslie Roy “Les” Mills, lahir 1 November 1934) yang merupakan atlet track and field dari New Zealand yang selama 2 dekade mewakili negaranya dalam pelbagai gelaran Olimpiade dan Commonwealth Games. Sebagai olahragawan dan tokoh fitness dunia, Les Mills adalah juga pionir latihan Body Pump dan Body Combat yang populer di sasana-sasana kesehatan dunia.

Umumnya lagu-lagu RPM, Peloton dan Race 30 diganti setiap 3 bulan, dan diluncurkan serentak di seluruh dunia. Bagi yang ingin memulai, berikut adalah minimix dari RPM 74.

Stay fit, fun and fashionable!

Daftar lagu Les Mills RPM 74:

1. DJ Snake – Let Me Love You ft. Justin Bieber
2. Flo Rida – Zillionare
3. Dizzee Rascal & Calvin Harris – Hype
4. Biffy Clyro – Howl
5. Shapeshifter – Stars
6. Cosmic Gate & Eric Lumiere – Edge Of Life
7. Seven Lions – The Journey
8. ZHU – Generationwhy
9. Andy Grammer – Fresh Eyes

Click here to stream Les Mills RPM 74 Minimix (Continuous Mix – Various Artists) or you can always right click and save as… to download.

Save

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail